Kamis, 13 Februari 2014

Cara belajar Ms.word bagi pemula (TIK)

Bagian 1:
Mengenal Microsoft Office Word 2007.                                                                                     

1.Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007.                                                                             Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:

~Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
~Pilih menu All Program atau Program.
~Geser pointer ke kanan dan pilih Microsoft Office
~Kemudian geser lagi pointer ke kanan dan klik Microsoft Office Word 2007.
~Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word 2007 ditampilkan.
~Kita juga bisa membuka aplikasi Microsoft Office Word 2007 dengan mengklik dua kali shorchut

Microsoft Office Word 2007 yang ada di desktop.
Berikut adalah tampilan jendela Microsoft Office Word 2007:
1 2 3 4
5
6 7 8
9 10
13
11 12
Keterangan gambar:
7. Margin atas
1. Tombol Microsof Office
8. Scroll bars
2. Toolbar Quick Access
9. Margin Kiri
3. Title Bar
10. Margin Kanan
4. Tombol Minimize, Restore Down
11. Status Bar
dan Close
12. Tombol View
5. Ribbon
13. Zoom.
6. Ruler

2. Membuat Dokumen Baru
Untuk membuat dokumen baru langkah-langkahnya:
Klik Tombol Microsoft Office , lalu klik New.
Maka keluar kotak dialog New Document, Klik Blank and recent, lalu klik Create.
Selain cara di atas kita juga bisa menekan tombol CTRL+N di keyboard, maka dokumen baru
akan ditampilkan di layar.
Oleh: M. Wahyuzi, S.Ag
PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007

3. Dasar Pengetikan
Insertion point atau kursor, adalah berupa garis tegak (I) yang berkedip-kedip yang berfungsi
sebagai penunjuk lokasi tempat memulai pengetikan atau menandai teks.
Dalam Microsoft Word ada beberapa perintah yang biasa digunakan untuk menggeser insertion
poin, yaitu menekan tombol panah ←, →, ↑, ↓, tombol Ctrl+←, Ctrl+→, tombol Home, End,
Ctrl+Home, Ctrl+End, Page Up, Page Down, tombol Backspace untuk menghapus satu karakter
yang ada di sebelah kiri insertion point, tombol Delete untuk menghapus satu karakter yang ada
di sebelah kanan insertion point dan tombol Enter untuk membuat paragraf baru.

4. Menyimpan Dokumen
Untuk pertama kalinya menyimpan dokumen adalah:
Klik Tombol Microsoft Office, lalu klik Save. (atau tekan tombol CTRL+S, atau juga bisa
mengklik icon yang ada di toolbar quick access).
Ketiganya akan menampilkan kotak dialog Save As.
Ketikkan nama file dokumen pada kotak File name
Pada kotak pilihan Save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat
penyimpanan, lalu klik Save.
Untuk penyimpanan selanjutnya pada dokumen yang baru saja di rubah tinggal Klik Tombol
Microsoft Office, lalu klik Save. (atau tekan CTRL + S).

5.Menyimpan Dokumen Dengan Nama atau Ke Format Lain.
Secara default, Microsof Word 2007 memiliki ektensi (akhiran) docx. Untuk menyimpan
dokumen dengan nama atau ke format lain caranya:
Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save as. (atau tekan F12 di keyboard). Maka muncul
kotak dialiog Save As.
Pada kotak File name, masukan nama baru (jika namanya ingin dirubah).
Pada kotak pilihan Save as type, klik format file dokumen yang diinginkan, misalnya: Word
97-2003 Document (*.doc).
Pada kotak pilihan save in tentukan folder atau drive tempat penyimpanan kemudian klik save



Tidak ada komentar:

Posting Komentar