Senin, 23 November 2015

Pemanfaatan google classroom

Nama saya sabrina febriani , saya ingin memberikan wawasan tentang penggunaan google classroom di SMP DEK Padang.
Google classroom merupakan salah satu aplikasi dari google yang berunsur pendidikan. Biasanya digunakan oleh siswa sekolah. Tapi penggunaan google classroom di padang ini masih sedikit belum banyak sekolah yang menggunakan. Contohnya SMP DEK di padang sudah mencoba memakai app google classroom.

Kali ini saya akan berbagi tentang cara penggunaan google classroom. Sebelum kita memakai google classroom, kita harus mempunyai email dulu kemudian masukan password nya dan baru bisa masuk ke google classroom. Cuma di SMP DEK email yang dipakai buat google classroom itu khusus juga (gak pake gmail atau yahoo atau apapun itu tapi pake email dari DEK '@dek.sch.id') email itu kalo gasalah ga ada batasan penggunaannya jadi bisa kalian nyimpan memori yang mungkin jumlahnya lumayan banyak tapi kurang tau juga sampe mana batasan penggunaan email tersebut. Cuma saat ini email itu dipakai buat google classroom saja.
Setelah memiliki email dan passwordnya, teacher suruh kita buat connect ke google classroom, yang pakai hp boleh buka di internet atau download app google classroomnya tapi yang pakai laptop juga boleh download atau buka di internet. Setelah connect ke google classroom, kita disuruh masukin kode kelas mata pelajaran buat kita tau apa nantinya materi atau tugas yang dikasi tc per mata pelajarannya. Setelah bergabung dengan kelas-kelasnya, tc masing-masing kayak ngasih tugas gitu disana dan kita buat tugasnya tapi buatnya di google document bukan di google classroom, kalo udah bikin tugasnya baru dibuka lagi google classroomnnya trus serahkan tugas yang dibuat sesuai dengan tugasnya yang disuruh. 

Sekarang saya akan memberikan manfaat penggunaan google classroom bagi siswa sekolah : 
1. Membantu siswa secara tidak langsung  belajar menggunakan teknologi (belajar TIK)

2. Memudahkan siswa dalam membuat tugas-tugas 

3. Menambah wawasan dalam berteknologi

4. Dan lain-lain

Tapi, dibalik banyaknya manfaat penggunaan google classroom, ada juga kerugiannya, diantaranya :
1. Bagi siswa yang memakai kuota di smartphone atau modem akan cepat habis bisa terus-terusan buka google classroom apalgi yang make sosial media juga bisa menghabiskan kuota

2. Orang tua kadang ngira anaknya main hp buat main-main ga buat belajar padahal kan kita main hp kadang ga main mulu tapi kadang liat hp buat cari ilmu atau bikin tugas di google classroom

3. Mata cepat lelah karna keseringan liat hp atau laptop buat bikin tugas di google classroom

4. Dan lain-lain


Nah, bagusnya bagi siswa yang menggunakan google classroom di sekolahnya, sebaiknya pihak sekolah menyediakan fasilitas wifi gratis supaya seluruh siswa bisa memakai google classroom buat belajar jika diperlukan...

sekian mungkin wawasan tentang pemanfaatan google classroom, dimulai dari cara memakainya hingga keuntungan atau kerugian dari pemakaian google classroom. Semoga bermanfaat... 
Berikut tutorialnya :


Gambar diatas itu merupakan apps for education, blogger untuk ngeblog berbagi macam hal, google classroom untuk kita bisa melihat tugas yang dikasi guru trus bikinnya di google document dan prezi tu semacam app mirip powerpoint bikinnya bisa banyak-banyak tapi tampilannya di satu slide. 



Foto diatas kelas-kelas di google classroom sesuai guru yang kasih kode kelas buat disuruh join disana kita bisa liat tugas yang dikasi dan lain-lain.


 Foto di atas merupakan tugas yang dikasih guru trus kita ngerjain disana dengan cara klik 'harus dikerjakan', klik tanda 'selesai' ntar keluar lampiran tugas trus klik disana bikin tugasnya kalau udah selesai klik serahkan.

Mungkin segitu dulu tutorialnya.. Bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar